EFEK KEBIASAAN MASYARAKAT
MENGGUNAKAN MEREK DAGANG
SEBAGAI SEBUTAN JENIS PRODUK
PADA LINGKUNGAN USAHA
Oleh :
Fhikry Al Fauzy
(1406787)
PENDIDIKAN BAHASA JERMAN
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014/2015
ABSTRAK
Fenomena kebiasaan penyebutan merek dagang sebagai suatu jenis produk hingga kini masih membudaya di masyarakat kita, dan ternyata penggunaannya tidak hanya terbatas dari kalangan masyarakat yang kurang berpendidikan saja, melainkan merata hingga ke dalam lingkungan masyarakat yang berpendidikanpun kerap kali membudayakan hal tersebut.
Tentunya kita sebagai calon pendidik di bidang bahasa haruslah meyadari, menanggapi, serta dapat menemukan solusi bagi fenomena ini. Ada suatu pendapat bahwa “Suatu hal yang sudah menjadi budaya akan sangat sulit dihilangkan”, mungkin fenomena tersebut sudah terlalu kuat mengakar dan menjadi budaya di masyarakat kita hingga sekarang ini, namun itu semua bukan menjadi penghalang sehingga menjadikannya sebagai suatu yang sangat mustahil untuk dihilangkan dari masyarakat, Memang pada dasarnya sesuatu yang telah membudaya itu hampir mustahil untuk dihilangkan dalam waktu singkat, namun sedikit demi sedikit pengaruhnya dapat dihilangkan atau mungkin di ganti dengan kebiasaan baru.
PENDAHULUAN
- Latar belakang masalah
Fenomena kebiasaan penyebutan merek dagang sebagai suatu jenis produk hingga kini masih membudaya di masyarakat kita, dan penggunanya tidak hanya terbatas dari kalangan masyarakat yang kurang berpendidikan saja, melainkan merata hingga ke dalam lingkungan masyarakat yang berpendidikanpun kerap kali masih membudayakan hal tersebut.
Dalam kasus ini mungkin dalam situasi non formal tidak akan berimbas terlalu buruk bagi pengguna, namun kadang kala di dunia bisnis/usaha, kasus tersebut akan menjadi penyebab kesalah fahaman ketika memesan suatu produk atau barang, dan perlu diperhatikan pula bahwa kasus tersebut bukan hanya menyebabkan kesalah fahaman saja, tetapi juga dapat merugikan satu pihak karena dengan kebiasaan menggunakan suatu merek dagang sebagai sebutan untuk suatu produk akan menghilangkan fungsi dari brand/merk dagang itu sendiri, yang sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu fungsi dari brand/merek dagang adalah untuk membedakan produk yang sejenis dari segi kualitas maupun produsennya.
ii. Tujuan
- Sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan bagi calon pendidik.
- Meningkatkan kesadaran pendidik untuk mengajarkan cara berbahasa yang baik dan benar walaupun itu hanyalah hal-hal kecil.
- Mengajak untuk sama-sama mengurangi kebiasaan kurang baik dalam berbahasa.
METODE PENELITIAN
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
- Studi literatur, yaitu membaca dari beberapa buku ataupun artikel online yang dianggap layak dan dapat dijadikan sebagai referensi.
- Studi lapangan, dengan cara berinteraksi, mengamati serta mengevaluasi secara langsung di lingkungan masyarakat yang masih sering menggunakan merek dagang sebagai sebutan untuk suatu jenis produk.
HASIL DAN PEMBAHASAN
i. Pengertian dan fungsi merek dagang
Menurut David A. Aaker, merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (baik berupa logo,cap/kemasan) untuk mengidentifikasikan barang/jasa dari seorang penjual/kelompok penjual tertentu. Tanda pembeda yang digunakan suatu badan usaha sebagai penanda identitasnya dan produk barang atau jasa yang dihasilkannya kepada konsumen, dan untuk membedakan usaha tersebut maupun barang atau jasa yang dihasilkannya dari badan usaha lain.
Jadi dapat disimpulkan bahwa merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang di perdagangkan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersamasama atau badan hukum untuk membedakan dengan barangbarang sejenis lainnya.
Adapun fungsi dari sebuah merek dagang adalah :
- Tanda Pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersamasama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya.
- Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.
- Sebagai jaminan atas mutu barangnya.
- Menunjukkan asal dari barang/jasa yang dihasilkan.
- Sebab-sebab penggunaan merek dagang sebagai sebutan suatu jenis produk
Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan pengunaan merek dagang sebagai sebutan suatu jenis produk :
- Merek itu masih menjadi satu-satunya produk pada jenisnya, ketika perekonomian Indonesia belum sepesat sekarang dan berbagai produk di pasaran belum memiliki banyak variasi, masyarakat hanya memiliki sedikit sekali pilihan. Misal, untuk detergen, hanya ada merk Rinso, maka Rinso kemudian lumrah disebut untuk mengacu kepada detergen.
- Lebih mudah menggunakan merek dagangnya daripada nama jenis produknya, pada zaman dahulu masyarakat kesulitan untuk mengucapkan kata Tandpasta (tand = gigi) untuk sebutan pasta gigi. Alhasil, diambillah jalan termudah dengan menyebut nama merknya, yaitu ’Odol’, yang hingga sekarang masih sering digunakan untuk menyebut pasta gigi.
- Beberapa contoh merek dagang yang sering digunakan sebagai nama jenis produk.
NO
|
MEREK DAGANG
|
JENIS PRODUK
|
Keterangan
|
| |||
1
|
Astor
|
Wafer stick
| |
2
|
Indomie/ Supermie
|
Mie instan
| |
3
|
Blueband
|
Mentega/Margarin
| |
| |||
1
|
Aqua
|
Air Mineral
|
Merek Air Mineral kemasan pertama
|
2
|
Milo
|
Minuman rasa coklat
| |
| |||
1
|
Handycam
|
Kamera perekam
|
adalah sebuah merek camcorder alias kamera perekam dari Sony
|
2
|
Magic Jar – Magic Com
|
Rice cooker
|
keduanya adalah merek penanak nasi alias rice cooker dari Magic Com Co.Ltd., sekarang bernama Yongma.
|
3
|
Sanyo
|
Pompa air
| |
| |||
1
|
Autan
|
Obat anti nyamuk oles
| |
2
|
Hansaplast
|
Perban adesif, penutup luka,
| |
3
|
Betadine
|
Obat luka/ Obat merah
|
Merek obat Merah satu-satunya pada zaman itu
|
| |||
1
|
Colt
|
Mobil minibus
|
Merek dari Mitsubishi, merujuk kepada minibus yang biasa dipakai masyarakat pedesaan sebagai transportasi umum antar desa.
|
2
|
Jeep
|
Mobil SUV
|
Perusahaan pembuat mobil SUV dari Amerika yang dibawahi oleh Chrysler Group LLC . Bentuk mobilnya sangat khas seperti mobil militer, sehingga kalau orang menyebut merek ini langsung tahu yang dimaksud yang seperti apa.
|
3
|
Fuso
|
Truk Angkut
|
Merek dari Mitsubishi, merujuk kepada truk angkut atau tronton
|
- Beberapa cara pencegahan penggunaan merek dagang sebagai nama jenis produk
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengurangi kebiasaan menyebut merek dagang sebagai nama suatu jenis produk, diantaranya :
- Membiasakan diri dalam kehidupan sehari-hari untuk menyebut suatu produk dengan nama jenis produknya bukan merek dagangnya.
- Berusaha mencari tahu nama jenis produknya, bukan nama mereknya
- Mengenalkan kepada peserta didik nama jenis produk bukan merek produknya.
KESIMPULAN DAN SARAN
Dari keterangan diatas dapat diketahui bahwa penggunaan merek dagang sebagai sebutan suatu jenis produk dapat merugikan satu pihak dan dapat menghilangkan fungsi dari merek itu sendiri. Maka biasakanlah menyebut benda dengan sebutan jenis produknya, bukan merek dagangnya.
Membudayakan hal yang benar adalah suatu upaya pelestarian terhadap kebenaran bagi generasi selanjutnya, jika kita sebagai generasi pendahulu sudah mewariskan hal yang salah, maka dikhawatirkan kesalahan tersebut akan terus membudaya hingga zaman anak cucu kita nanti, maka dari itu berusahalah untuk mewariskan suatu budaya yang benar.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar