Selasa, 06 Januari 2015

Mempelajari Bahasa Asing Menggunakan Metode Pimsleur

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN
FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2014

MEMPELAJARI BAHASA ASING MENGGUNAKAN
METODE PIMSLEUR



Nama        :  Rijal Ramdani
NIM        :  1401942



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode untuk memulai memperlajari bahasa asing. Sebagian banyak orang bertanya tanya tentang bagaimana cara untuk mempermudah menguasai bahasa lain (Bahasa asing)  selain bahasa kesatuan (Bahasa Indonesia). Mempelajari bahasa asing bagi sebagian orang bisa jadi merupakan hal yang dirasa cukup sulit. Terutama, untuk bisa secara fasih berkomunikasi secara aktif dalam bahasa asing tersebut. Rata rata pelajar sudah mempelajari bahasa asing seperti bahasa inggris. Bahasa inggris memang bahasa asing, tetapi bahasa ini sudah terbilang umum. Karena bahasa ini adalah bahasa international yang setiap orang perlu untuk memperlajarinya. Disamping itu banyak juga pelajar yang ingin memiliki potensi untuk bisa berbahasa asing. Dan beberapa pelajar lain masih ingin mengetahui metode yang paling mudah dan efektif untuk bisa menguasai bahasa asing. Kata Kunci ini adalah Metode Pimsleur.


  1. PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Banyak pelajar yang sedang mencari jatidiri mereka, dan sebagian besar mengatakan bahwa memiliki potensi berbahasa asing itu adalah bekal untuk setiap individu dimasa yang akan datang. Karena berbahasa asing itu sangat perlu untuk mempermudah berkomunikasi dengan orang lain diluar negara dan untuk mengetahui perkembangan negara selain dinegara kesatuan.
Bahasa asing memang membuat setiap orang penasaran untuk mempelajarinya tapi terkadang ada beberapa orang sudah menemukan cara efektif ia belajar. Sebagian orang hanya mengetahui dan menyerah untuk bisa terus mempelajarinya. Hal ini terjadi karena proses belajar yang berbeda.
Kesulitan dalam proses belajar semakin bertambah. Banyak pelajar putus asa karena tidak mengetahui cara belajar yang efektif. Cara efektif tidak selalu belajar bersama teman atau selau membaca buku terus menerus. Tapi cara belajar mempunyai banyak metode dan salah satunya adalah dengan Metode Pimsleur.














  1. METODE PENELITIAN
    1. Tempat dan Waktu  Pelaksana
Tempat penelitian tidak begitu terpatok dengan jelas, namun penelitian dilaksanakan secara tidak sengaja. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 4 – 5 Januari 2015.

    1. Populasi dan Sampel
Penelitian ini mengambil sampel Siswa SMK Bahagia Jurusan Tata Boga yang duduk dibangku kelas XI yang  salah satu pelajarannya adalah bahasa asing. Siswa siswi SMK Bahagia ini  diperintahkan gurunya untuk mempelajari bahasa asing (selain inggris). Guru hanya memberikan materi yang minim sehingga siswa siswi kurang bisa untuk  menentukan bagaimana cara mempelajari bahasa asing dengan mudah dan efektif.

    1. Teknik Pengambilan Data
Pada penelitian ini pengambilan data menggunakan metode Observasi dan  wawancara. Observasi dilakukan secara online untuk mencari tahu topik pembahasan yang akan dijabarkan..  Wawancara ini dilakukan pada tanggal 4 - 5 Januari 2015. Wawancara dilaksanakan melalui tatap muka, dan melalui social media.

.




  1. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
    1. Hasil Penelitian
Hasil penelitian dilakukan secara observasi dan wawancara.  Pertanyaan!
  1. Apa motivasi anda belajar bahasa asing ?
  2. Metode apa yang anda pakai untuk belajar berbahasa asing ?
  3. Apakah anda pernah merasa putus asa dengan sulitnya belajar bahasa asing ?
Jawaban :
  1. Motivasi belajar bahasa asing itu agar menambah wawasan, dan disisi lain untuk bisa berhadapan langsung dengan orang luar sebagai tamu dan bertukar informasi mengenai hal apapun.
  2. Menggunakan metode menghafal dan menerjemahkan menggunakan media kamus. Dan menonton film yang menggunakan bahasa asing.
  3. Sempat putus asa karena tidak mudah untuk bisa mempelajari bahasa asing. Dan terkadang penasaran jika tidak mencoba.

    1. Pembahasan
Apa itu Pimsleur ?
Pimsleur adalah metode pembelajaran bahasa asing berdasarkan 4 aspek, yaitu antisipasi, mengingat, kosakata utama, dan belajar secra alami.

Pimsleur merupakan pengajaran bahasa asing yang berbasis audio, dimana pendengar disuruh mengulang apa saja yang telah mereka dengar sebelumnya secara berulang – ulang.

Metode Pengajaran
  1. Siswa mendengarkan rekaman dari penutur asli berbicara frase, baik dalam bahasa asing dan bahsa yang digunakan untuk mengajar/bahasa yang disukai siswa (biasanya bahasa inggris).
  2. Pada interval waktu yang bervariasi, siswa diminta untuk mengulangi kalomat yang telah siswa tersebut dengarkan.
  3. Setelah diulang – ulang, siswa kemudian diperkenalkan dengan frase baru.
  4. Setelah mengulangi beberapa kali, siswa diminta untuk mengulangi frase sebelumnya dan frase yang baru saja ia pelajari.
  5. Frase lama akan diulang - ulang dengan periode yang acak bersamaan dengan frase baru. Biasanya pengulanganya dilakukan berdasarkan kemiripan makna antara kedua frase (Frase lama dan baru) tersebut.

Prinsip Pengajaran
  1. Antisipasi. Kursus Bahasa umumnya meminta siswa untuk mengulangi setelah instruktur menyampaikan suatu frase. Pimsleur mengembangkan sebuah metode berupa “tantangan dan tanggapan”, di mana seorang siswa diminta unutk menerjemahkan kalimat ke dalam bahasa target yang kemudian dikonfirmasi. Teknik ini dimaksudkan agar siswa lebih aktif belajar, siswa butuh berfikir sebelum menjawab. Pimsleur mengatakan prinsip antisipasi tercermin percakapan nyata di mana seorang pembicara harus mengingat frase dengan cepat.
  2. Mengingat. Mengingat adalah metode belajar kosakata yang diharapkan akan diingat siswa dalam waktu yang lama. Ini adalah versi retensi melalui pengulangan spasi. Misalnya, jika seorang siswa belajar kata deux (Perancis untuk dua), maka deux diuji setiap beberapa detik pada awalnya, kemudian setiap beberapa menit, kemudian setiap beberapa jam, dan kemudian setiap beberapa hari.
  3. Kosakata utama. Metode Pimsleur berfokus pada pengajaran kata-kata yang umum digunakan dalam rangka membangun pemahaman dari "kosakata utama". Simon & Schuster memproduksi 60 kaset / CD program (empat modul dari 15 kaset / CD masing-masing). Ke 60 kaset itu tidak terlalu membahas kosakata secara terperinci, hanya terfokus pada kosakata yang lazim digunakan. Pimsleur mengklaim metode paling efektif adalah motode bagaimana penutur asli belajar tata bahasa ketika mereka anak anak, yaitu tidak terlalu memperdulikan tata bahasanya.
  4. Balajar secara natural. Metode ini menggunakan format audio karena Pimsleur berpendapat bahwa mayoritas siswa belajar untuk berbicara dan memahami. Paul Pimsleur merasa bahwa keterampilan mendengar sangat berbeda dengan ketrampilan membaca dan menulis. Karena itu ia mencoba menciptakan pembelajaran yang natural yaitu mempelajaro tata bahasa, kosa kata, dan pengucapan secara bersamaan.








  1. KESIMPULAN DAN SARAN
    1. Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Metode Pimsleur adalah metode efeketif untuk dapat memulai mempelajari bahasa asing dengan cara yang efektif dengan beberapa prinsip, yaitu yaitu antisipasi, mengingat, kosakata utama, dan belajar secra alami.

    1. Saran
Mulailah melatih diri untuk bisa berbahasa asing dengan Metode Pimsleur. Lakukanlah sesering kali anda mempunyai waktu luang. Dan apapun yang terjadiberhasil atau gagal dengan metode ini, semua tergantung niat dan keinginan untuk bisa belajar berbahasa.



















  1. DAFTAR PUSTAKA











Tidak ada komentar:

Posting Komentar