Rabu, 07 Januari 2015

Penggunaan Bahasa Daerah di Lingkungan Sekolah



PENGGUNAAN BAHASA DAERAH DI LINGKUNGAN SEKOLAH


OLEH
ROBERTO RUMPUMBO (1404469)


Abstrak
Apabila kita berada di lingkungan sekolah maka bahasa yang digunakan  adalah Bahasa Indonesia. Tetapi terkadang kita lupa akan tempat, situasi dan tanpa disadari kita sering menggunakan Bahasa Daerah di lingkungan sekolah.
Hal seperti ini sering diabaikan/ bahkan dianggap sepeleh oleh pihak sekolah, sehingga sekolah perlu memperhatikan, mencari akar permasalahannya serta menindaklanjuti hal-hal seperti ini.
1)Mengapa kita harus menggunakan Bahasa Indonesia?
2)Saat manakah kita harus menggunakan Bahasa Daerah sesuai tempat dan situasinya?
3)Pihak sekolah harus memperhatikan, mencari akar permasalahannya serta menindaklanjuti hal – hal seperti ini.
Ke-3 hal – hal di atas akan di bahas pada halaman berikutnya.

Kata kunci : Bahasa Indonesia, di lingkungan sekolah




Pendahuluan
Apabila kita berada di lingkungan sekolah maka bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Mengapa kita harus menggunakan Bahasa Indonesia? Kita harus menggunakan Bahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan NKRI yang sudah di sahkan di dalam UUD 1945.
Tetapi terkadang kita lupa akan tempat, situasi dan tanpa disadari kita sering menggunakan Bahasa Daerah di lingkungan sekolah. Saat manakah kita harus menggunakan Bahasa Daerah sesuai dengan tempat dan situasinya. Nah, maka dari kita harus dapat membedakan/ melihat jika kita berada di sekolah, bahasa yang digunakan yaitu Bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya apabila kita berada di rumah tidak salah jika kita menggunakan Bahasa Daerah
Biasanya hal – hal seperti ini menjadi suatu kebiasaan bagi segelintir orang, mereka merasa tidak bersalah karena di lingkungan sebelumnya Bahasa Daerahlah yang menjadi bahasa persatuan. Nah, disini peran dari pihak sekolah sangat penting dalam proses perkembangan anak didik tersebut.
Hal – hal seperti ini sering diabaikan/ bahkan dianggap sepeleh oleh pihak sekolah, sehingga sekolah perlu memperhatikan, mencari akar permasalahannya serta menindaklanjuti hal – hal seperti ini. Jika anak tersebut lahir dan tumbuh di kampung maka pihak sekolah khususnya guru harus memberikan teori dan praktek oleh seluruh anak didiknya agar mereka tahu bahwa bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia tergantung dari tempat dan situasinya.











Penutup   
Setiap pembelajaran Bahasa Indonesia bagi sebagian orang yang lahir dan tumbuh di kampong pastinya selalu menemui kendala, namun semua itu tidak perlu dikhawatirkan, karena setiap masalh yang muncul tentu terdapat solusi. Akan tetapi semua solusi akan bergantung kepada individu masing – masing, dalam hal ini adalh murid/ anak didik bersangkutan.
Saran
Pihak sekolah harus menganalisis dan mempunyai solusi dalam mengatasi hal – hal di atas serta mengadakan kegiatan khususnya ketatabahasaaan, misalnya : Lomba Pidato, Baca Puisi, atau bahkan Lomba Cerita Rakyat. Dengan sendiriya didik tersebut akan menyadari kberadaannya.
Kesimpulan
Tidak salah jika kita menggunakan Bahasa Daerah tetapi kita harus tahu kapan kita harus/ dan tidak menggunakan Bahasa Daerah.
Referensi
Taktis Berbahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar